Malahayati,Wanita di bidang militer terbaik di dunia

Kamis, 04 November 2010 Label: ,
Malahayati,siapakah dia???
memiliki gelar lengkap "Laksamana Keumalahayati dari kerajaan Aceh Darusalam"



Dia adalah wanita pertama (bahkan mungkin satu2nya) yg menjabat sebagai Laksamana Angkatan Laut dan mempunyai tentara dan teritori sendiri. Dia adalah wanita yg turun langsung di garis depan dan menggempur armada belanda yg dipimpin oleh Cornelis De Houtman, bahkan Cornelis De Houtman sendiri mati dibunuh oleh Laksamana Malahayati dalam pertempuran. Selain armada belanda Malahayati juga menghalau armada portugis yg hendak menyerbu aceh dan reputasi Malahayati sebagai penjaga pintu gerbang kerajaan membuat Inggris yang belakangan masuk ke wilayah ini, memilih untuk menempuh jalan damai. (Bayangin, armada laut eropa saat itu merupakan kekuatan yg cukup kuat di dunia tapi mereka semua gak ada yg sanggup melawan Laksamana Malahayati).

Saat ini nama Malahayati banyak dipakai sebagai nama jalan, nama pelabuhan di Banda Aceh bahkan nama universitas di Bandar Lampung. Dan yg lebih keren nama Malahayati dipakai sebagai nama kapal perang TNI!


KRI Malahayati, satu dari tiga fregat berpeluru kendali MM-38 Exocet kelas Fatahillah.
sedangkan versi singkat nya di arsip perjuangan Indonesia

Malahayati, adalah salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Pada tahun 1585-1604, memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV
tapi sayangnya dia terlupakan dan tidak dianggap pahlawan bagi bangsa kita,melainkan bagi warga aceh saja
 
Berbagi FB © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates