Negeri Boleh Berseteru, Hati Tetap Satu

Minggu, 31 Oktober 2010 Label:
Nenek asal Korea Selatan (Korsel) itu tak bisa membendung air matanya. Pasalnya, sebagaimana warta Yonhap pada Sabtu (30/10/2010), ia berhasil bertemu dengan saudara prianya di perbatasan Korsel dan Korea Utara (Korut). Keduanya terpisah karena perang Korea.  Pertemuan kakak beradik ini berlangsung di sebuah kawasan wisata Gunung Kumgang di wilayah Korut. 
Nenek yang berbahagia itu adalah satu dari sekitar 400 warga Korsel telah melintas perbatasan dengan Korut untuk bertemu dengan keluarga mereka yang sudah terpisah lebih setengah abad lalu.
Namun sekitar 80.000 orang lain -yang sedang menanti reuni dengan keluarganya- tampaknya tidak memiliki waktu yang tersisa karena usia mereka.
Pejabat Korsel memperkirakan sekitar 4.000 orang yang berada dalam daftar tunggu reuni meninggal setiap tahunnya. Upaya mempertemukan keluarga yang terakhir kali berlangsung pada Oktober 2009.
Hwacheon
Reuni ini merupakan yang pertama sejak ketegangan antara kedua negara akibat tenggelamnya kapal perang Korsel yang dituding akibat serangan Korut. Insiden tersebut menewaskan 46 pelaut Korsel. Sementara, Pyongyang membantah bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal Cheonan.
Rencana reuni ini sempat terancam setelah tentara Korut melepas dua tembakan di dekat perbatasan dan tentara Korsel membalas dengan tiga tembakan. Adu tembak Jumat itu terjadi di Hwacheon, sekitar 90 km dari ibu kota Korsel, Seoul.
Namun Menteri Reunifikasi Korsel Lee Jong-joo, mengatakan bahwa rencana pertemuan antarkeluarga tetap berlangsung walaupun terjadi saling tembak tersebut.
Jutaan orang terpisah dari keluarganya setelah perang Korea 1950-1953 dan hingga kini kedua negara secara teknis masih tetap dalam keadaan perang karena konflik keduanya berakhir dengan gencatan senjata tapi bukan kesepakatan damai.
Sekitar 20.000 orang sudah melakukan reuni singkat sejak pertemuan puncak tahun 2000 namun program yang ditengahi oleh Palang Merah ini terhambat oleh naik turunnya hubungan kedua Korea.(kompas.com)

 
Berbagi FB © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates